Taman Sari

By | November 22, 2018

Kota Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang merupakan destinasi wisata terbaik, tidak heran jika kita membicarakan tempat wisata yang ada di Jogja memang tidak ada habisnya. Jogja banyak sekali menyisakan berbagai kenangan atau momen bagi para wisatawan yang pernah datang kekota ini, sehingga banyak sekali yang ingin datang lagi dan lagi.

Nuansa budaya yang menenangkan khas Jawa dan Belanda memang masih sangat kental dikota Jogja ini. Bahkan gubernur di Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan seorang Sultan ataupun Raja, yang mana dijabat secara turun menurun ke keluarga dibawahnya bukan merupakan hasil pemilihan umum seperti provinsi lainnya di Indonesia. Tapi justru itulah yang membuat Jogja Istimewa.

Kali ini kita akan membahas salah satu wisata budaya yang cukup menarik berada di kota jogja yaitu Taman Sari atau sering disebut juga dengan Istana Air.

Taman Sari

Taman Sari Jogjakarta atau Istana Air

Taman Sari sendiri sebenarnya merupakan kebun atau taman milik istana keraton Jogjakarta yang mungkin jika dibandingkan adalah sama seperti Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor. Taman Sari sudah dibangun sejak tahun 1758, saat itu didirikan oleh Sultan Hamengkubuwono I, memiliki ukuran yang sangat luas yaitu sekitar 10 hektare.

Dengan ukuran yang sangat luas tersebut, Taman Sari memang benar – benar memakan sebagian besar wilayah keraton, memang sengaja dibangun begitu karena didalam Taman Sari juga dibangun beberapa gedung seperti pemandian, jembatan gantung, ruangan raja, dan lainnya.

Ketika melihat lebih dalam lagi Taman Sari bukan sekedar sebuah taman biasa, tapi lebih bisa dibilang Taman Sari merupakan sebuah Benteng Pertahanan pada masa itu. Konon kabarnya pada zaman dahulu Taman Sari dibangun untuk beristirahatnya kereta kuda perang dan juga beberapa prajurit yang bersiap untuk berperang kala itu.

Saat ini, komplek taman sari dibuka untuk umum dan siapa saja bisa memasukinya tanpa terkecuali.  Karena hal itu banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Taman Sari khususnya wisatawan luar negeri karena pasalnya Taman Sari memang dibangun dengan arsitek bergaya Jawa, Eropa, Belanda, dan juga Hindu serta Islam.

Harga Tiket Masuk Serta Jam Buka Taman Sari Jogjakarta

Untuk kamu yang berminat berkunjung ke Taman Sari Jogja, tidaklah perlu mengeluarkan budget yang mahal. Bukan hanya di Taman Sari, rata – rata tempat wisata yang ada di Jogja memiliki harga tiket masuk yang sangat murah bahkan tidak sedikit yang bisa kamu datangi tanpa perlu membayar biaya sepeserpun alias GRATIS. Sehingga kamu masih bisa dengan mudah menyisakan uang untuk membeli oleh – oleh atau cinderamata untuk keluarga dirumah.

Harga Tiket Masuk ke Taman Sari Jogja adalah Rp. 5000,-/orang untuk wisatawan lokal yang berasal dari kota lain, dan Rp. 10.000,- untuk wisatawan dari mancanegara. Biasanya didepan pintu masuk kamu akan ditawari jasa Tourguide yang akan membantumu menjelajah Taman Sari dan juga menjelaskan beberapa sejarah tentang Taman Sari, menarik bukan ? hanya dengan mengeluarkan uang yang tidak begitu banyak kamu sudah bisa sedikit mengerti indahnya Taman Sari dan juga nilai sejarah yang ada didalamnya.

Istana Air atau Taman Sari mulai dibuka pada jam 8 pagi dan tutup pada jam 2 siang, jadi kalau kamu datang kesini usahakan untuk datang agak pagi, karena jika terlalu sore pun, Bangunan di Taman Sari akan gelap dan sangat sepi, tentunya pemandangan yang seharusnya menarik pun akan terlihat seram bukan kalau suasananya sepi dan gelap ?

Bagaimana ? Tertarik untuk mengunjungi lokasi ini ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *